Compressor AC Mobil type Piston

Compressor AC Mobil type Piston

Compressor AC Mobil type Piston


Compressor type Piston terdiri dari beberapa part yang terintegrasi menjasi satu kesatuan yang dinamakan Compressor. Adapun bagian part adalah : Fronr & Rear Housing, Cylinder Blok, Shaft & Swash Plate, Shoe, Thrust Bearing, Suction Valve, Valve Plate, Discharge Valve dan Gasket.

Compressor adalah ibarat jantungnya AC Mobil, dan berfungsi untuk mensirkulasi Refrigerant ( - Freon ) dan menaikkan tekanan Refrigerant.

Permasalahan yang sering terjadi pada Compressor :

1. Compressor Bunyi Abnormal

Terdengar suara berisik / mengganggu disekitar Compressor dan Magnet Clutch.

Salah satu penyebabnya adalah Fan belt kendor atau karet Fan belt sudah mengeras & retak-retak.

Penanganan dan perbaikan adalah dengan memeriksa kondisi Fan belt, bila Fan belt kendor dikencangkan dan kalau sudah keras & retak harus diganti baru.

2. Compressor Bunyi Ekstrem / Ngorok

Terdengar suara berisik / ngorok pada saat AC dinyalakan. Untuk kendaraan berbahan bakar bensin sangat jelas terdengar, sedangkan untuk kendaraan diesel kurang begitu jelas terdengar.

Penyebab bunyi :

- Faktor usia pakai Compressor

- Olie Compressor berkurang

- Kesalahan bengkel saat pengisian Olie Compressor yang tidak sama / sejenis

- Antara Shaft & Swash Plate dengan Shoe Compressor sudah tidak presisi ( = kocak)

Penanganan / perbaikan : Dalam kondisi seperti ini Compressor masih bisa diperbaiki, tapi semua tergantung dari kelayakan material inner partnya.

Kendalanya adalah usia Compressor tidak bertahan lama, dan penyakit ngorok akan timbul lagi. Sedangkan setting & perbaikan Compressor AC mobil sudah berikut jasa & isi Freon tidaklah murah. Istilahnya Anda selama 2 (dua) kali memperbaiki Compressor dengan hasil tidak maksimal, dan Anda akan mengeluarkan biaya yang sebanding dengan membeli 1 (satu) unit Compressor baru Original.

Kesimpulan dan Saran : Lebih baik ganti Compressor baru, sekiranya dana belum mencukupi maka lebih bijak perbaikan ditunda dahulu sampai dana terkumpul, daripada mubasir buang-buang uang percuma dengan hasil yang kurang maksimal.

3. Compressor tidak ada kompresi (Lose Power)

Compressor tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat mengkompresi gas Refrigerant.

Penyebab Compressor lose power :

- Faktor Usia Compressor

- Suction Valve, Valve Plate & Discharge Valve luka

- Piston dan Cylinder Blok luka tidak presisi

Penanganan / perbaikan : Compressor masih bisa diperbaiki, tergantung kelayakan dari partnya. Untuk penanganan Valve masih bisa di kanibal dengan catatan ketiga Valve masih utuh dan tidak terluka. Dapat dipastikan Compressor dapat berfungsi seperti semula dan dapat bertahan lama ( = life time).

4. Compressor LOCK ( = Macet / Terkunci).

Inner part Compressor tidak dapat berputar, bisa juga antara Shaft & Swash Plate dengan Shoe LOCK atau antara Piston dengan Cilinder Blok LOCK ( = macet atau terkunci)

Penyebab Compressor LOCK :

- Olie Compressor berkurang / habis

- Olie Compressor tidak sesuai dengan spesifikasi dan jenis yang ditentukan

- Olie Compressor berkurang / hilang daya lumasnya. karena Olie Compressor ada batas usia pakainya

Penanganan / perbaikan : Ganti dengan Compressor baru yang Original Part, disarankan tidak memakai Compressor imitasi disamping usia pakai tidak bertahan lama juga harga dibanding Original part hanya selisih sedikit.

 

Bilamana Anda mengalami problema tentang Compressor, silakan konsultasikan pada kami

Victory Cool AC Mobil - Kudus.