Hal yang Harus Anda Tahu Mengenai AC mobil

Hal yang Harus Anda Tahu Mengenai AC mobil

Hal yang Harus Anda Tahu Mengenai AC mobil


AC mobil mungkin bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang paling penting sebagai fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang. Di musim panas, AC tentu berperan untuk membuat kabin terasa lebih sejuk. Ketika musim penghujan, AC juga tak kalah penting untuk membuat kaca tidak jadi berkabut. Lagipula, mengemudi saat hujan dengan membuka kaca tanpa menggunakan AC, cukup mengganggu saya karena air hujan yang masuk melalui celah jendela.

Namun tidak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. Contohnya saja adalah AC yang mengeluarkan bau apek atau kurang sedap dan yang paling sering adalah AC yang kurang dingin. Masalah-masalah tersebut tentu akan cukup mengganggu. Apalagi jika kondisi cuaca yang memaksa kita butuh akan AC mobil yang baik. Untuk itu, mari kita sedikit lebih mengenal penyebab dan cara mengatasi masalah yang biasa terjadi pada AC mobil.
 

AC MOBIL MENGELUARKAN BAU

Pada dasarnya, komponen yang ada pada AC mobil tidak dapat mengeluarkan bau apek yang tidak sedap. Namun kenyataannya, banyak pemilik mobil yang mendapati kasus seperti ini. Jika memang anda mendapati hal seperti ini pada kendaraan anda, mungkin beberapa hal di bawah ini sebagai penyebabnya.

  • Penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang digunakan pengharum yang asal tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga dapat mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.

  • Kotoran dan debu yang terdapat dalam kabin. Hal ini dikarenakan sering berkendara dengan kondisi jendela terbuka, penggunaan sendal dan sepatu yang kotor saat naik mobil dan sebagainya. Kotoran dan debu tersebut yang kemudian menempel di evaporator dan menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab bau apek dan kurang sedap.

  • Asap rokok yang mengandung nikotin dapat lengket pada evaporator dan menjadi berlendir.

AC MOBIL TIDAK DINGIN

Masalah ini sepertinya yang paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. Sayangnya, jika kita pergi ke bengkel AC mobil yang kurang terpercaya akan selalu diinformasikan bahwa freon habis dan tinggal diisi ulang saja. Padahal menurut beberapa sumber, freon tidak akan habis untuk waktu yang lama. Jika sampai freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan kita. Untuk itu perlu diteliti lebih lanjut masalah atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon. Beberapa masalah penyebab AC mobil yang tidak dingin diantaranya adalah :

  • Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia, pemakaian part yang kurang baik atau tidak original.

  • Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil

  • Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC.
     

Percayakan perawatan dan perbaikan masalah AC mobil anda pada ahlinya, Victory Cool.